Senin, 29 Maret 2010

Latar Belakang Review PTK

Metode Diskusi Terbimbing Untuk Pelajaran Sejarah

   Sejarah merupakan bagian dari mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Tujuan mempelajari sejarah adalah agar siswa dapat memahami apa yang terjadi di masa lampau, sehingga dapat menarik hikmah dari apa yang telah dipelajari dari peristiwa yang telah terjadi tersebut.
   Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran sejarah siswa terlihat kurang antusias, daya kreativitasnya rendah, dan siswa bersikap acuh tak acuh. Sebabnya mungkin karena guru kurang menguasai materi dan strategi pembelajarannya kurang tepat sehingga kurang memiliki daya dukung.
   Dalam rangka meningkatkan hasil belajar sejarah kiranya diperlukan strategi pembelajaran yang tepat serta metode pembelajaran yang bervariasi.
   Metode pembelajaran bervariasi adalah pemanfaatan berbagai macam metode pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Salah satunya, yakni penggunaan metode diskusi yang dibimbing langsung oleh guru secara lebih mendalam.
   Dengan pembelajaran seperti ini siswa akan memperoleh pemahaman yang mendalam dari kejadian-kejadian yang lebih luas. Bahkan nilai-nilai yang dapat dipetik oleh para siswa dalam peristiwa tersebut juga dapat dicapai dengan baik. Sebab belajar sejarah pada hakekatnya adalah belajar dari pengalaman masa lampau untuk kepentingan masa sekarang.
   Melalui penggunaan metode diskusi terbimbing diharapkan para siswa Kelas VI mengetahui bahwa terciptanya perdamaian di muka bumi ini diusahakan terus menerus oleh organisasi negara-negara di dunia ini melalui organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang dibentuk setelah dunia dilanda oleh perang besar yakni Perang Dunia I tahun 1914-1918 serta Perang Dunia II tahun 1939-1945.
   Berdasarkan pengalaman penulis sebagai pengajar di Kelas VI, hasil belajar IPS Sejarah siswa Kelas VI SD Margosari sangat rendah. Nilai rata-rata hasil belajar dari hasil ujian adalah 6,5. Kondisi di atas tentu sangat memprihatinkan. Untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VI tersebut, banyak cara yang harus dilakukan. Untuk keperluan ini maka akan dicoba melalui penggunaan metode pembelajaran. Adapun salah satu metode dalam pembelajaran tersebut adalah diskusi terbimbing.
    Berdasarkan uraian di atas maka penelitian ini diberi judul: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Sejarah dengan Metode Diskusi Terbimbing dalam Pokok Bahasan Perserikatan Bangsa - Bangsa Pada Siswa Kelas VI SD Margosari Kecamatan Semarang Barat Tahun Pelajaran 2005 / 2006.

1 komentar:

nyimas inda kusumawati mengatakan...

aslm....saya nyimas inda, dosen fkip ump palembang. Saya bisa minta copy tentang penelitian ini secara lengkap? sekaligus referensi tentang diskusi terbimbing? terimakasih sebelumnya

Posting Komentar