Rabu, 10 Maret 2010

JavaScript dan DHTML_Kalkulator Sederhana & Tabel Pemesanan

1. Active Web Page
Sebagaimana diketahui, HTML merupakan model dokumen yang statis begitu ditampilkan tidak akan berubah sampai ada aktivitas navigasi. Adapun untuk menjadikan HTML sebagai halaman dinamis atau aktif, kita bisa memanfaatkan bahasa scripting.

2. DHTML dan JavaScript
Scripting merupakan jenis lain dari pemrograman, yang umumnya lebih mudah dipahami. Script dapat disisipkan ke dalam dokumen HTML dengan menggunakan tag. Tidak seperti style sheet, script bisa terlihat di dalam head ataupun body. DHTML (Dynamic HTML) merupakan suatu teknik untuk menciptakan halaman web yang interaktif dengan cara mengombinasikan elemen-elemen seperti HTML, style sheet, dan scripting. Jadi, DHTML bukanlah suatu jenis bahasa pemrograman melainkan hanya sekadar istilah  saja. Pada bagian ini, pembuatan DHTML akan dilakukan dengan memanfaatkan JavaScript.
a. Elemen Dasar JavaScript
Sebagaimana bahasa pemrograman umumnya, JavaScript terbentuk atas elemen-elemen fundamental. Di sini kita tidak akan mengulas elemen-elemen tersebut, melainkan langsung membahas beberapa komponen dasar yang kerap digunakan saat bekerja dengan JavaScript. JavaScript memungkinkan kita untuk menampilkan kotak dialog melalui fungsi alert. Kotak dialog ini dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan informasi atau konfirmasi.
b. Me-retrieve Nilai
Saat bekerja dengan elemen-elemen masukan seperti text field, select, dan check box HTML, kita bisa memanfaatkan JavaScript  untuk operasi validasi. Adapun langkah penting terkait dengan elemen-elemen ini adalah pengambilan nilai. Elemen text field menyediakan properti value yang bisa digunakan untuk menetapkan atau mendapatkan nilai elemen.
c. Memilih Item Check
Agar pemilihan item check box bisa lebih efisien, kita dapat menggunakan pendekatan check/uncheck all.
d. Window
Di dalam window aktif, kita juga bisa menciptakan window baru melalui method window open.



Tampilan Kalkulator Sederhana
Source Code, klik Simple Calculator

Tampilan Tabel Sederhana
Source code,  klik Form Pemesanan

2 komentar:

Anonim mengatakan...

woi woi woi......................... =)

R_VieN_MutT_Zy mengatakan...

Heh...opo-opoan sih...

Posting Komentar