Rabu, 24 Februari 2010

Modul 1_Dasar-dasar HTML

1. Html
Merupakan tag dasar yang mendefinisikan bahwa dokumen ini adalah dokumen HTML. Tag ini merupakan suatu keharusan bagi pemrograman web untuk menuliskannya sebagai tag pertama dalam dokumen HTML. Dengan memakai tanda <>, html di awal dokumen, dan /html di akhir dokumen.

Untuk sesuatu yang baru dan bermanfaat, bukankah lebih baik kita cari tahu...yuks?
2. Head
Merupakan tag berikutnya setelah html untuk menuliskan keterangan tentang dokumen web yang akan ditampilkan. Dengan memakai tanda <>, head diawal setelah html, dan /head di akhir section head.
3. Title
Merupakan tag di dalam head yang harus dituliskan untuk memberikan judul/informasi pada caption browser web tentang topic atau judul dari dokumen web yang ditampilkan dalam browser. Dengan memakai tanda <>, title kemudian judul dokumen dan /title
4. Body
Merupakan section utama dalam dokumen web. Pada section ini semua isi dokumen yang akan ditampilkan dalam browser harus dituliskan. Dengan memakai tanda <>, body di awal, setelah tag /head, /body di akhir, diletakkan sebelum tag /html.
5. Paragraf (p)
Untuk membuat sebuah paragraf yang utuh, harus dengan menggunakan tag-tag di atas kemudian menggabungkannya dalam sebuah dokumen HTML, dengan tag p.
6. Line break (br)
Untuk menampilkan suatu teks ditampilkan pada baris yang baru dalam suatu paragraf, maka harus digunakan tag br sebelum teks dituliskan.
7. Heading
Teks dalam dokumen HTML umumnya mempunyai judul topik yang disebut heading. Ada 6 tingkat heading dalam HTML, dinomori 1 sampai dengan 6. Sintaks elemen heading, dimulai dengan tanda <> yang di dalamnya berisi hy kemudian teks yang menjadi heading, dan /hy, dimana y adalah nomor heading.
8. Mengatur Letak Heading
Tag heading mempunyai atribut yang digunakan untuk mengatur letak heading dalam baris-alignent.
Untuk kiri, hy align="left"...../hy
Untuk kanan, hy align="right"...../hy
Untuk tengah, hy align="center"...../hy
9. Garis Mendatar/Horizontal
Sebuah garis dapat disispkan dalam dokumen web, umumnya digunakan sebagai pemisah antar bagian atau paragraf. Tag hr disisipkan pada tempat garis akan disisipkan dalam dokumen.
10. Komentar
Komentar dalam dokumen tidak ditampilkan dalam browser. Teks yang berfungsi sebagai komentar disimpan dlam dokumen ditandai dengan tag “” sebagai akhir tag.
11. Preformatted Text
Agar teks yang tertulis di editor teks dapat ditampilkan apa adanya, kita bisa memanfaatkan keberadaan tag pre. Tag ini akan menampilkan teks dengan font Courier dan tetap mempertahankan spasi serta baris baru.
12. Menggunakan List
HTML mendukung list dalam bentuk terurut (ordered/ol), tak terurut (unordered/ul), dan definisi (definition/dl). Untuk setiap bentuk list ini, terdapat list item, dinyatakan melalui tag li berpasangan, yang merepresentasikan item-item list.
13. Pewarnaan
Untuk memberikan warna background, HTML menyediakan atribut bgcolor di tag body. Atribut ini dapat diisi dengan nama warna—misalnya red—atau kode heksadesimal—misalnya #FFFFFF.
14. Bekerja Dengan Gambar
Kita juga bisa menyisipkan gambar di dalam dokumen HTML. Untuk keperluan ini, HTML menyediakan tag img yang didukung dengan sejumlah atribut.

Untuk menghasilkan dokumen yang well-formed, kita harus merujuk pada aturan XML yang dituangkan ke dalam dokumen XHTML. Dalam implementasinya, di sini kita menambahkan tag <…….> yang isinya adalah “!DOCTYPE” di bagian paling atas dan mengidentifikasikan dokumen sebagai XHTML compliant.

0 komentar:

Posting Komentar